Senin, Januari 04, 2010

Sedikit tentang Kitab Sulaim


Kitab Sulaim yang disebut juga dengan nama al-Saqifah dan Abjad al-Syi‘ah. Kitab ini adalah karangan Sulaim bin Qais al-Hilali al-‘Amiri al-Kufi, sahabat Amir al-Mukminin Ali bin Abu Talib a.s. Beliau juga menyertai Imam Ali as dalam perang Jamal, Shiffin dan Nahrawan. Beliau wafat sekitar tahun 90 H.
Keistimewaan Kitab Sulaim adalah terletak pada otoritas sanad dan matannnya yang unggul di mana Sulaim telah memperolehnya dari Amir al-Mukminin Ali bin Abu Talib, al-Hasan, al-Husain, Ali bin al-Husain dan al-Baqir a.s. Sulaim berkata: “Ia merupakan kebenaran di mana aku telah mengambilnya dari ahlinya; dari Ali bin Abu Talib shalawat dan salam Allah atasnya, dari Salman al-Farisi, Abu Dzar al Ghifari dan al-Miqdad bin al-Aswad. Tidak ada satu hadis pun yang telah aku dengar dari salah seorang mereka sehingga aku pertanyakan pula kepada orang lain dan mereka telah sepakat mengenainya”
Al-Qadhi Badr al-Din al-Subki (wafat 769 Hijrah) berkata: “Kitab karangan Syi‘ah yang pertama adalah Kitab Sulaim bin Qais al-Hilali”.
Al-‘Allamah al-Majlisi dalam Bihar al-Anwar menyatakan bahwa Kitab Sulaim bin Qais adalah terkenal (masyhur), di samping itu terdapat juga pengkritik-pengkritiknya. Meskipun begitu ia adalah sumber rujukan yang muktabar. Beliau berkata: “Aku dapati Kitab Sulaim bin Qais al-Hilali yang diriwayatkan oleh Abban bin Abi ‘Iyasy dan telah dibacakannya kepada Ali bin al-Husain a.s. yang dihadiri oleh sekumpulan sahabat di antaranya Abu Tufail dan Ali bin al-Husain a.s. telah membuat pengakuan kepadanya dan berkata: Ini adalah hadis-hadis sahih kami”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar